Senin, 25 Juni 2012

Ciri- Ciri Seorang Murid Kristus

Ciri- Ciri Seorang Murid Kristus
Lorne C.Sanny

Beberapa hari yang lalu saya meminjam buku ini di perpustakaan Rumah Persekutuan(RP) Karanganyar. Bukunya sangat tipis hanya 34 lembar, tetapi isinya sangat memberkati. Ini sedikit ringkasan dari buku “Ciri- Ciri Seorang Murid Kristus”
Dasar Matius 28: 18-20

Murid- murid  Kristus adalah mereka yang menjadi pengikut Kristus dan yang melepasakan diri dari segala miliknya untuk mengikut Yesus (Lukas 14:26,27). Apakah saya dan anda adalah murid Kristus. Jika kita memiliki ketiga cirri ini, maka kita adalah murid Kristus.

3  Ciri- Ciri Seorang Murid Kristus:
  1. Dihubungkan dengan Kristus
    Dihubungkan dengan Kristus artinya secara terbuka mengakui bahwa kita adalah milik Kristus  (Roma 10 :9,10) kepada orang lain. Ada sebuah contoh : seorang tua- tua yang telah menjalankan kehidupan yang baik di hadapan temannya, tetapi ia tidak pernah memberi kesaksian tentang Dia yang memungkinkan hidup seperti itu. Ini adalah contoh orang yang baik, tetapi ia bukanlah seorang murid Kristus yang sejati.
    Seorang murid Kristus adalah seorang yang menghubungkan dirinya dengan Yesus Kristus. 

  2.  Taat kepada Firman Tuhan
    Seorang murid bukan saja seorang yang menghubungkan dirinya dengan pribadi Kristus tetapi ia juga taat pada Firman Kristus – kepada Alkitab. Jika kita mempelajari, menerapakan dalam hidup kita, maka kita adalah murid Kristus (Yohanes 8:31). Orang- orang Kristen yang percaya setengah- setengah akan mendapatkan pula setengah kebahagiaan. Kita harus benar- benar  menyerahkan diri sepenuhnya. Ini berarti taat kepada Firman Kristus. Ketaatan juga memerlukan kemantapan, sebagai contoh dalam kisah orang yang bijaksana dan orang yang bodoh (Matius 7:24-27) Bukan karena keadaan yang memberikan perbedaan. Hanya satu hal yang membedakan antara kebijaksanaan dan kebodohan : yang seorang taat kepada Firman Allah; yang lain tidak. Jadi seorang murid bukan hanya menghadiri pertemuan- pertemuan. 
    Tetapi seoarang murid adalah mereka yang mendapatkan apa yang dikatakan Alkitab dan melakukannya.
    Ketaatan adalah sesuatu yang berat (Yos 1:7) dan diperlukan ketabahan.  Betapa setiannya kita sebenarnya  dalam menaati Firman Allah, karena kita hidup dalam dunia yang menolak Kristus dan setiap orang yang hidup taat akan terlibat dalam pertikaian. Disinilah kita akan mengenali seorang murid. Ia bukan hanya pendengar Firman, tetapi ia juga pelaku Firman.
     
  3. Berbuah untuk Kristus
    Ciri murid Kristus yang ketiga adalah menghasilkan buah dalam pekerjaan Kristus (Yoh 15:8).
    Ada dua macam buah : Pertama adalah buah kepribadian yaitu buah Roh-kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Galatia 5:22,23).Kedua, buah yang dihasilkan dengan mempengaruhi kehidupan orang-orang lain bagi Kristus(Yoh 15:16) .
    Menjadi murid Kristus artinya menghasilkan buah Roh dalam sifat seseorang yaitu termasuk didalamnya seluruh tingkah laku seseorang, pandangannya, sifatnya dan hubungannya dengan orang lain.


YANG TERBESAR ADALAH KASIH
Ciri yang paling utama dari seorang murid adalah KASIH. “Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalh murid- murid-Ku yaitu jikalau kamu saling mengasihi”.
Tidak ada batasan usia untuk menjadi murid baik tua maupun muda (Mas 92:15).

PETANYAAN PERENUNGAN:
Marilah kita bertanya kepada diri kita sendiri, apakah saya benar- benar seorang murid Kristus?
Apakah saya mau secara terbuka dihubungkan dengan Kristus Yesus?
Apakah saya berusaha untuk taat kepada Firman Kristus dalam kehidupan saya sehari- hari?
Apakah saya berbuah dalam pekerjaan Kristus- dengan jalan menunjukkan sifat yang serupa dengan Kristus dan mempengaruhi hidup orang- orang lain?

Saya ingin menjadi seorang murid Kristus. Saya ingin memiliki cirri- cirri itu dalm kehidupan saya. Satu- satunya hal yang saya iningn lakukan disamping semua itu ialah menolong orang lain menjadi murid- murid Kristus dan mengusahakan agar mereka juga dapat melatih orang lain lagi.
Semoga memberkati. GBU ^^,


0 komentar:

Posting Komentar

by Yuliana Dewi Karina. Diberdayakan oleh Blogger.