Jumat, 22 Juni 2012

PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN


Ini hasil PA Topik saya, semoga memberkati teman- teman ^^

TOPIK  : Persembahan Persepuluhan

 

AYAT   : Kejadian 14:20;28:22, Imamat 27 : 30, Bilangan 18:21, Bilangan 18:24,  Ulangan 12:17,  Ulangan 14:22-29, Ulangan 26:12,   Nehemia 10:37-38, Maleaki 3:8, Maleaki 3:10, Matius 23:23, Lukas 11:42, Ulangan 14:23.

POKOK PIKIRAN
  • Kejadian 14:20 = Abram memberikan sepersepuluh dari harta yang diperolehnya.
  • Kejadian 28:22 = segala sesuatu yang Allah berikan kepadaku, akan selalu kupersembahkan sepersepuluh kepada Allah.
  • Imamat 27 : 30 = segala persembahan persepuluhan dari tanah, baik dari hasil benih di tanah maupun dari buah pohon-pohonan, adalah milik TUHAN; itulah persembahan kudus bagi TUHAN.
  • Ulangan 12:17 = tidak boleh makan persembahan persepuluhan dari gandum, dari anggur dan minyak, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapi dan kambing domba, ataupun sesuatu dari korban yang akan kaunazarkan, ataupun dari korban sukarela, ataupun persembahan khusus.
  • Ulangan 14:22-29 = mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh benih yang tumbuh di ladang, tahun demi tahun. Di hadapan TUHAN, Allah, ditempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam disana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu, supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu. orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan orang asing, anak yatim dan janda yang di dalam tempatmu, akan datang makan dan menjadi kenyang, supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.
  • Bilangan 18:21 = Allah memberikan kepada bani Lewi segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.
  • Bilangan 18:24 = sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Allah berikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya;
  • Ulangan 26:12 = dalam tahun yang ketiga, tahun persembahan persepuluhan, engkau sudah selesai mengambil segala persembahan persepuluhan dari hasil tanah, maka haruslah memberikannya kepada orang Lewi, orang asing, anak yatim dan kepada janda, supaya mereka dapat makan di dalam tempatmu dan menjadi kenyang.
  • Nehemia 10:37-38 = Dan tepung jelai yang mula-mula, dan persembahan-persembahan khusus, dan buah segala pohon, dan anggur dan minyak akan dibawa kepada para imam, ke bilik-bilik rumah Allah kami, dan kepada orang-orang Lewi akan dibawa persembahan persepuluhan dari tanah kami, karena orang-orang Lewi inilah yang memungut persembahan-persembahan persepuluhan di segala kota pertanian kami. Dan orang-orang Lewi itu akan membawa persembahan persepuluhan itu ke rumah Allahi, ke bilik-bilik rumah perbendaharaan.
  • Maleaki 3:8 = manusia menipu Allah mengenai persembahan persepuluhan.
  • Maleaki 3:10 = membawa seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah  Allah dan ujilah Allah, firman TUHAN semesta alam, apakah Allah tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
  • Matius 23:23 = Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan.
  • Lukas 11:42 = celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah.
  • Lukas 18:12 = memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.

Pengertian
  • Persembahan persepuluhan : memberikan sepersepuluh (Kejadian 14:20)  dari segala sesuatu yang Allah berikan(Kejadian 28:22) baik hasil tanah(Imamat 27:30), anak-anak sulung lembu sapi dan kambing domba (Ulangan 14:22-29) kepada Allah karena itu adalah milik TUHAN dan sebagai persembahan kudus bagi TUHAN(Imamat 27:30).
Alasan Memberikan Persembahan Persepuluhan
  • Milik TUHAN dan itu persembahan kudus bagi TUHAN (Imamat 27:30).
  • Untuk membuat nama Allah diam di tempat yang Allah pilih.
  • Belajar untuk selalu takut akan TUHAN ( dipenuhi rasa bergantung kepada Tuhan).
  • Sebagai milik pusaka orang Lewi.
  • Agar orang asing, anak yatim dan janda yang akan datang makan dan menjadi kenyang.
  • Supaya TUHAN memberkati di dalam segala usaha yang kita kerjakan.
  • Supaya ada persediaan makanan di rumah  Allah (Maleaki 3:10).
  • Perintah Tuhan.
Kemana memberi persembahan Persepuluhan?
  • Kepada Allah untuk pekerjaan-Nya
  • Bani Lewi (Ulangan 14:29, Bilangan 18:21, Bilangan 18:24 ,Ulangan 26:12, Nehemia 10:37-38)
  • Orang asing, anak yatim dan janda (Ulangan 14:29,Ulangan 26:12)
  • Pilihan Tuhan (Ulangan 12 : 17)
Bagaimana memberi persembahan persepuluhan sesuai kehendak Tuhan ?
·      Dari sepersepuluh yang diterima dari Allah.
·      Pemberian harus diimbangi dengan pertumbuhan watak. (Memberi dengan hati yang benar (Ulangan 14:29, Lukas 11:42) tidak mengabaikan keadilan, belas kasihan dan kesetiaan.)
·      Tidak boleh memakan persembahan persepuluhan (Ulangan 12:17) atau tidak boleh menggunakannya untuk diri sendiri.
·      Tidak menipu Allah dengan persembahan yang kita berikan (Maleaki 3:8)

Hasil yang diperoleh
·      Tuhan akan mencurahkan berkat-Nya sampai berkelimpahan (Maleaki 3:10)
·      Allah akan memberkati apa yang kita usahakan (Ulangan 14:28,29)

Prinsip
·      Tuhan mengajari untuk taat dengan FirmanNya melalui pemberian persembahan persepuluhan.
·      Belajar bergantung kepada Allah.

PERTANYAAN
1.    Kapan memberi persembahan persepuluhan ?
Dalam alkitab tidak ada ayat yang mengatur secara khusus kapan memberi persembahan persepuluhan. Kembali kepada keyakinan kita yang dikonfirmasi lewat doa. Meskipun tidak ada peraturan khusus, kita tidak boleh menunda- nunda untuk memberikan, karena jika ternyata di rumah Tuhan tidak ada persediaan maka akan menggangu pekerjaan Allah dan itu berdosa.

2.    Siapa itu bani Lewi?
Bani Lewi adalah bangsa yang tidak mendapat tanah milik pusaka dan mereka memiliki tugas khusus dalam menyelenggarakan ibadah di Bait Suci. Konteks jaman sekarang, bani Lewi adalah orang- orang yang tidak bekerja( bukan pengangguran) untuk melayani seperti pendeta, full timer atau pelayan misi.

3.    Apakah memberikan persembahan persepuluhan harus 10%?
Tuhan memang memerintahkan untuk memberikan 10% dari apa yang kita terima, tetapi kita bisa memberikan lebih dari 10% (batas minimal 10%)

4.    Kemana kita memberikan persembahan :
Gereja, pelayanan ( siswa, misi), pendeta, hamba Tuhan, full Timer, orang yang membutruhkan (tetangga, teman kampus, janda, anak yatim), misionaris.
                     

0 komentar:

Posting Komentar

by Yuliana Dewi Karina. Diberdayakan oleh Blogger.