Senin, 03 September 2012

KNPS (Kamp Nasional Pembimbing Siswa)


Sedikit mau cerita tentang  kegalauan saya mengikuti KNPS.

Apa sich KNPS itu? KNPS adalah Kamp Nasional Pembimbing Siswa.  Kamp diadakan oleh Perkantas dan ini diikuti oleh TPS(Tim Pembimbing Siswa) dari berbagai kota di seluruh Indonesia. Saya tidak akan mejelaskan sejarah terbentuknya KNPS secara detail karena di buku acara sudah dijelaskan, hehehe. Kalau mau boleh pinjam saya.



Beberapa bulan lalu (saya lupa tepatnya kapan tapi sekitar bulan April kalau tidak salah) saya membaca warta KNPS 12 (Kamp ke-12) di mading RP(Rumah Persekutuan) Karanganyar. Sekilas membacanya dan dalam hati saya bilang “Tuhan pengen dech ikut kamp ini pasti seru, bisa mendapat teman-teman baru dan pelajaran baru”. Kemudian ketika PD(Persekutuan Doa) pemimpin PA/KTB, staff kami memberikan beberapa pengumuman salah satunya tentang KNPS ini, dan ada 4 orang dari Karangnyar yang akan diutus mengikuti KNPS. Saya secara personal tidak tahu secara detail apa itu KNPS dan bagaimana kamp ini.

Suatu hari, tanpa ada hujan dan badai *lebay, pemimpin Rohani saya (Kakak PA) mengirim SMS yang menggoncangkan jiwa saya(kalau ini kelewat lebay). Dengan sedikit kalimat pembukan , kira-kira seperti ini “ Non, Alin(teman saya) pas KNPS tanggal 5-9 Agustus ternyata ada ujian di kampus, dan sudah ditanyakan ke dosen kalau tidak bisa minta ujian susulan…….” Dan inti SMS ini “ kamu bisa gantiin gak? Konfirmasi SEGERA ya!” Huaaaa,,, mendadak ketawa-ketawa sendiri  antara bingung, kaget dan seneng semua tumbuh jadi satu (padahal lagi jemput adek sekolah dan disitu ada banyak orang, sabodoteing lah gimana respon mereka melihat saya ketawa sendiri).

Saya pulang dan menjelaskan kepada bunda serta minta perizinan apakah boleh ikut, tapi bunda diam seribu bahasa *Galau melanda. Sorenya saya bertanya lagi dan bunda bilang izin dulu sama bapak, padahal bapak lagi di Jakarta. Gak kurang akal saya telfon bapak dan menjelaskan sambil memelas dan merayu dan Puji Tuhan bapak mengizinkan *hore gak galau lagi.

Malamnya saya SMSan sama Alin dan dijelaskan banyak hal tentang persiapan KNPS. Brian (teman saya yang juga mewakili ikut KNPS) SMS mengajak ketemuan untuk memberikan formulir pendaftaran serta menjelaskan beberapa hal. Hari sabtu saya ke RP untuk bertemu dengan Alin dan Brian. Saya pikir formulir pendaftaranya seperti formulir bisa yang berisi nama, alamat dan sejenisnya, ternyata formulirnya sangat menohok saya. Kenapa menohok? Karena formulirnya berisi pertanyaan tentang keseluruhan hidup saya, persekutuan pribadi dan pelayanan saya.

Mengisi formulir sama dengan mengoreksi keseluruhan hidup saya, bagaimana persekutuan pribadi saya, PA Pribadi, PA dengan pemimpin, PA dengan adik PA dan pelayanan saya. Tiba-tiba galaupun melanda,merasa tidak layak untuk ikut KNPS karena hidup saya yang belum taat sepenuhnya dan merasa tidak enak  gantiin Alin karena teman-teman udah sejak maret usaha dana untuk ikut kamp ini. Saya cerita dengan Alin tentang kegalauan saya dan dia bilang bahwa ini semua sudah diatur Allah dan Allah ingin memakai saya. Dia juga bilang kalau saya ini jawaban doa  dia untuk orang yang akan menggantikan dia. Saya jadi terharu dan sedikit lega, tetapi tetap saja masih galau. Paginya saya saat teduh dari Kis 6:1-7 dan Allah memberikan penghiburan bahwa saya mengikuti KNPS ini karena Allah memilih saya dan orang-orang sudah mendoakan saya.  

Memang FirmanNya sungguh amazing sekali, galaukupun hilang. Terimakasih Tuhan.
GBU J


0 komentar:

Posting Komentar

by Yuliana Dewi Karina. Diberdayakan oleh Blogger.